Email Address

halo@leeon.id

Phone Number

0811-8899-107

Phone Office

021 2780 5886

Our Blog

Semakin kesini, prosedur serta biaya pengurusan pendirian PT tak  sesulit dan semahal yang mungkin Anda bayangkan.

Tahun 2021, gambaran pengurusan yang berbelit belit tak akan lagi Anda temukan. Apalagi jika dalam prosesnya Anda menyerahkan urusan pada konsultan dan jasa pengurusan.

Khusus Anda yang belum tahu bagaimana proses serta gambaran biayanya, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Prosedur mendirikan PT dan estimasi biaya

PT atau Perseroan Terbatas adalah metode untuk membuat bisnis menjadi legal di mata hukum. Segala hal yang berhubungan dengan legalitas pastinya memiliki prosedur.

Jika Anda warga yang taat hukum, maka mengikuti prosedur mendirikan PT merupakan hal yang tak bisa Anda tawar.

  1. Menyiapkan seluruh persyaratan yang PT butuhkan

Memulai tahapan pengurusan, kami sarankan Anda sudah pastikan bahwa seluruh persyaratan sudah semuanya Anda miliki.

Apa saja syarat mendirikan PT? Perhatikan baik baik poinnya:

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) & Kartu Keluarga (KK) yang dimiliki oleh para pendiri serta mereka yang memiliki saham.
  • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Nomor telepon milik para pendiri serta pemilik saham.
  • Alamat surat elektronik (email) para pendiri serta pemilik saham/
  • Stempel atau cap perusahaan.

Syarat di atas merupakan syarat bagi PT yang menggunakan virtual office sebagai lokasi kantornya. Mudah bukan? Anda bisa mendapatkan fasilitas virtual office jika memilih jasa pembuatan PT yang sekaligus menyediakannya.

Jika Anda ingin atau sudah punya alamat kantor fisik dengan lokasi tertentu, maka syaratnya bertambah beberapa poin:

  • Fotocopy sertifikat tanah jika milik pribadi. Namun jika ternyata bukan atas nama pemohon pendirian PT, maka wajib melampirkan data pendukung.
  • Apabila ternyata PT yang Anda buat untuk sementara waktu belum punya bangunan dan masih menyewa, maka wajib melampirkan dua berkas. Yakni perjanjian sewa menyewa sekaligus surat pernyataan bahwa pemilik tanah serta bangunan yang Anda sewa tidak keberatan dengan usaha Anda.
  • Fotocopy KTP milik pemilik lahan ataupun bangunan yang Anda gunakan.

Estimasi biaya: Jika semua berkas tinggal mengumpulkan, Anda hanya perlu fotocopy, membeli materai dan cap, serta mengeluarkan biaya akomodasi. Kira kira ini memakan biaya sekitar Rp50.000,00.

  1. Mengajukan nama perusahaan

Nama bagi PT sangat penting. Selain berarti identitas, bisa juga bermakna harapan dan doa. Secara aturan, nama PT maksimal menggunakan 3 kata.

Dalam tahapan kedua ini, prosedurnya meliputi tiga tahapan.

  • Melakukan pengajuan nama PT yang mau Anda buat.
  • Melakukan pembayaran sebagai biaya pesan nama.
  • Proses penerbitan izin untuk menggunakan nama perusahaan.

Estimasi biaya: Anda mungkin akan menghabiskan biaya mulai Rp200.000,00.

  1. Mengurus dan mendapatkan Standar Akta Perusahaan

Sesuai Undang Undang Nomor 30 Tahun 2004, pihak yang punya kewenangan menerbitkan Standar Akta Perusahaan adalah Notaris. Jadi, dalam proses ini Anda perlu berhubungan dengan Notaris.

Akta ini berisi poin poin sebagai standar perusahaan. Meliputi:

  • Nama serta tempat kedudukan perusahaan yang Anda dirikan.
  • Tujuan serta maksud dari usaha yang Anda jalankan.
  • Modal serta saham yang mencantumkan jumlah serta persentase.
  • Penjelasan tentang  sistem Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.
  • Penjelasan tentang sistem struktur perusahaan.

Estimasi biaya: Biaya yang Anda butuhkan dalam proses ini kira kira Rp1.000.000,00.

  1. Mengajukan izin BH (Badan Hukum)

PT yang memiliki legalitas haruslah punya Badan Hukum. Dengan legalitas yang mendapat pengesahan dari Kemenhumkam ini, maka perusahaan Anda akan diakui di hadapan hukum.

Ada beberapa tahapan dalam proses ini:

  • Melakukan pengajuan izin pendirian Badan Hukum untuk perusahaan Anda.
  • Melalui proses penerbitan izin dari Badan Hukum yang sudah Anda ajukan.
  • Membayar PNPB atau Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak.
  • Mendapatkan pengesahan Badan Hukum dari pemerintah sebagai pihak berwenang.

Estimasi biaya: Jika Anda mengurus prosesnya sendiri, kira kira bisa menghabiskan biaya sekitar Rp1.000.000,00.

  1. Mengajukan SIUP, TDP, serta BPJS Kesehatan

Tahapannya belum selesai. Masih ada hal hal lain yang perlu Anda urus. Anda bisa menyelesaikannya. Yakni:

  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • BPJS Kesehatan

Untungnya, sejak tahun 2018, proses ini bisa Anda lakukan dengan sistem Online Single Submission. Prosesnya bisa online dan lebih praktis.

Estimasi biaya: Sebenarnya, proses ini tak memakan biaya. Anda hanya perlu energi untuk mengurusnya saja.

  1. Mendaftarkan PT di Disnaker atau Kemenakertrans

Mengingat PT pasti mengurusi tenaga kerja. Maka Anda juga perlu berurusan dengan lemabaga pemerintah yang mengurus ini. Anda wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan.

Praktisnya kini, Anda bisa mengurus ini secara online melalui situs resmi Kemnaker. Enak ya?

Estimasi biaya: Proses ini tak memakan biaya apapun alias gratis.

  1. Mengajukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya kewajiban PT adalah mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Proses ini juga tak membutuhkan antrian. Kini, Anda bisa mengurusnya dengan mudah secara online melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Estimasi biaya: Proses ini juga gratis, Anda hanya perlu menunggu.

  1. Mendapatkan NPWP serta SKT Wajib Pajak

Sebagai penyempurna, Anda perlu juga mendapat pengesahan sebagai perusahaan wajib pajak. Prosesnya juga kini bisa online di situs E-Reg Pajak.

Estimasi biaya: Mendapatkan NPWP jelas gratis, Anda hanya harus siap kalau waktunya bayar pajak.

Biaya mendirikan PT dengan jasa pendirian

Mungkin mengurus sendiri terlihat murah. Namun jelas Anda tetap butuh energi berupa pikiran dan tenaga. Belum lagi biaya tak terduga yang mungkin sangat tinggi.

Bagi Anda yang mau praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan PT. Dengan cara ini, Anda tinggal berikan dokumen persyaratan yang dibutuhkan lalu tahu beres.

Lantas, berapa biaya untuk mendirikan PT dengan cara seperti ini?

Tentu saja lebih mahal. Tapi semua terbayar dengan efektifitas. Anda bisa menyimpan tenaga dan pikiran untuk fokus saja mengembangkan perusahaan setelah memiliki legalitas.

Biayanya sendiri variatif tergantung fasilitas yang jasa tawarkan. Anda bisa mendapatkan jasanya mulai dari 3 jutaan hingga 9 jutaan rupiah.

Tak sedikit juga yang mematok harga hingga lebih dari 10 juta rupiah. Sangat bergantung pada jasa yang Anda pilih.

Biaya mendirikan PT dengan Leeon

Legal Solusi Indonesia atau Leeon adalah salah satu jasa pendirian PT yang bisa Anda pertimbangkan.

Untuk kemudahan konsumen, kami memiliki paket berbeda untuk harga yang juga berbeda. Semuanya demi kemudahan konsumen yang mungkin punya keinginan beragam.

Ada beberapa paket yang Leeon tawarkan. Antara lain:

  • PT Hemat (3,8 juta rupiah)
  • PT Lengkap (7 juta rupiah)
  • PT + VO (9,2 juta rupiah)
  • PT Bodetabek (8 juta rupiah)
  • PT Indonesia (8 juta rupiah)
  • PT Super (9,5 juta rupiah)
  • PT Bisnis (7,5 juta rupiah)
  • PT Bisnis & PKP (10 juta rupiah)

Anda penasaran dengan rincian fasilitas yang kami tawarkan untuk masing masing paket? Jika iya, Anda bisa cek di situs kami ini langsung. Seluruh biaya pengurusan pendirian PT yang Anda keluarkan kami jamin sebanding dengan fasilitas yang kami tawarkan.

PT LEGAL SOLUSI INDONESA (LEEON) merupakan perusahaan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum disemua aspek usaha dan mendukung perkembangan ekonomi di Indonesia.

Office : Rukan De’Kahfi, Jl M. Kahfi II No. 23 O, Jakarta Selatan 12630

Post Comment

24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment